CARA BERTERNAK KELINCI


  1. Jika kita ingin memelihara atau beternak kelinci mulai dari anakan maka sebiknya kandang yang kita sediakan adalah kandang baterani yang diberi litter.
  2. Namun jika kita langsung membeli indukan atau kelinci dewasa, maka cukup dibangun kandang baterai saja.
  3. Ukuran box baterai kandang leinci yang bisa digunakan untuk semua jenis kelinci 70 x 50 x 60 cm. (panjang x lebar x tinggi). Dan ini bisa memuat 5 ekor kelinci penggemukan. Namun jika kita ingin megembang biakkan maka dalam satu box kandang cukup diisi dengan sepasang kelinci saja.
  4. Siapkan pakan atau makanan kelinci. Jika ingin praktis cukup membeli pelet makanan kelinci dan ditambahkan dengan sedikit hijauan makanan ternak yang cocok untuk kelinci. Adapun beberapa hijauan yang cocok untuk makanan kelinci; leguminoseae (daun kacang-kacangan), sayuran (kangkung dan wortel), rumput unggul yang masih muda, daun ubi (baik umbi jalar maupun ketela). selengkapnya lihat di sini.
  5. Sebaiknya dalam kandang diberi penerangan lampu listrik
  6. Obat-obatan yang harus selalu siap sedia yang paling utama adalah vitamin C dan antibiotik.
  7. Kontrol untuk kelinci dewasa cukup 2 kali sehari sekali di pagi hari dan sekali di sore hari. Kontrol dilakukan sekalian memberi makanan kelinci. Sedangakan untuk anak kelinci sebaiknya dikontrol sesering mungkin.

Senin, 02 Desember 2013

Kelinci American Fuzzy Lop : Body dan Hindquarter

Posted in Kelinci American Fuzzy Lop by kelincirabbit on October 2, 2012
Body AFL (American Fuzzy Lop) fault as follows  Long, narrow body: lacking depth over shoulders or hindquarters; flatness over shoulders or hindquarters; narrow shoulders; pitched or undercut hindquarters. Standard AFL : the hindquartersshould be smooth, well rounded and slightly deeper and wider than the shoulders. The body top line needs to rise in a gradual curve from the base of the ears to a high point over the loin, falling in a smooth curve downward to the base of the tail. The rabbit must be heavily muscled, compact and balanced.
Body and hindquarter fuzzy lop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar