CARA BERTERNAK KELINCI


  1. Jika kita ingin memelihara atau beternak kelinci mulai dari anakan maka sebiknya kandang yang kita sediakan adalah kandang baterani yang diberi litter.
  2. Namun jika kita langsung membeli indukan atau kelinci dewasa, maka cukup dibangun kandang baterai saja.
  3. Ukuran box baterai kandang leinci yang bisa digunakan untuk semua jenis kelinci 70 x 50 x 60 cm. (panjang x lebar x tinggi). Dan ini bisa memuat 5 ekor kelinci penggemukan. Namun jika kita ingin megembang biakkan maka dalam satu box kandang cukup diisi dengan sepasang kelinci saja.
  4. Siapkan pakan atau makanan kelinci. Jika ingin praktis cukup membeli pelet makanan kelinci dan ditambahkan dengan sedikit hijauan makanan ternak yang cocok untuk kelinci. Adapun beberapa hijauan yang cocok untuk makanan kelinci; leguminoseae (daun kacang-kacangan), sayuran (kangkung dan wortel), rumput unggul yang masih muda, daun ubi (baik umbi jalar maupun ketela). selengkapnya lihat di sini.
  5. Sebaiknya dalam kandang diberi penerangan lampu listrik
  6. Obat-obatan yang harus selalu siap sedia yang paling utama adalah vitamin C dan antibiotik.
  7. Kontrol untuk kelinci dewasa cukup 2 kali sehari sekali di pagi hari dan sekali di sore hari. Kontrol dilakukan sekalian memberi makanan kelinci. Sedangakan untuk anak kelinci sebaiknya dikontrol sesering mungkin.

Senin, 02 Desember 2013

KELINCI NETHERLAND DWARF culling

Ditulis dalam kelinci netherland dwarf oleh perkelincian pada Desember 22, 2012
Pengertian culling disini bukan berarti harus dimusnahkan akan tetapi setiap kelinci ND yg tidak untuk ditampilkan (show quality) bisa digunakan sebagai peliharaan (pet quality). Kelinci ND sebaiknya usia diatas 2 bulan, hal ini disebabkan pada beberapa perkembangan dan berat pada fitur kelinci ND senior, namun jika sudah terbentuk herd dengan linesnya bisa digunakan kelinci ND dibawah 3 bulanan.  Prosesnya adalah dengan membuat formulir, dikolom atas sebelah kiri dibuatkan judul fitur-fitur yang akan di nilai (assessed) dan kolom kanan kelinci-kelinci ND (tergantung jumlahnya). Fitur-fitur yang akan dinilai : short body type, shoulder width equals hindquarter width, dept at shoulder-nice top line, well rounded hindquarters, well filled hindquarters, depth & width of body balance 1:1:2, high shoulders (head set high), compact body type, large head, head round from every direction, no break in arc of head (ketika dilihat dari profil), wide head, short ear 2 inchi, ear well furred, ears set high on head, ears-close set…not, no bowing or scissoring, fur (rollback), dense fur,fur glossy and prime, no white hairs (or other color problems), color dense (intense, good shading), matching nails pada warna kelinci, hold condition well, eyes-bold. Masing-masing kelinci sesuai fiturnya di isi skor lalu di jumlahkan.
netherland dwarf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar