CARA BERTERNAK KELINCI


  1. Jika kita ingin memelihara atau beternak kelinci mulai dari anakan maka sebiknya kandang yang kita sediakan adalah kandang baterani yang diberi litter.
  2. Namun jika kita langsung membeli indukan atau kelinci dewasa, maka cukup dibangun kandang baterai saja.
  3. Ukuran box baterai kandang leinci yang bisa digunakan untuk semua jenis kelinci 70 x 50 x 60 cm. (panjang x lebar x tinggi). Dan ini bisa memuat 5 ekor kelinci penggemukan. Namun jika kita ingin megembang biakkan maka dalam satu box kandang cukup diisi dengan sepasang kelinci saja.
  4. Siapkan pakan atau makanan kelinci. Jika ingin praktis cukup membeli pelet makanan kelinci dan ditambahkan dengan sedikit hijauan makanan ternak yang cocok untuk kelinci. Adapun beberapa hijauan yang cocok untuk makanan kelinci; leguminoseae (daun kacang-kacangan), sayuran (kangkung dan wortel), rumput unggul yang masih muda, daun ubi (baik umbi jalar maupun ketela). selengkapnya lihat di sini.
  5. Sebaiknya dalam kandang diberi penerangan lampu listrik
  6. Obat-obatan yang harus selalu siap sedia yang paling utama adalah vitamin C dan antibiotik.
  7. Kontrol untuk kelinci dewasa cukup 2 kali sehari sekali di pagi hari dan sekali di sore hari. Kontrol dilakukan sekalian memberi makanan kelinci. Sedangakan untuk anak kelinci sebaiknya dikontrol sesering mungkin.

Senin, 02 Desember 2013

KELINCI HOLLAND LOP POSING

Ditulis dalam holland lop rabbit oleh perkelincian pada Januari 1, 2013
Posisi kelinci untuk bisa posing dengan sempurna merupakan bagian yang penting bagi breeder dalam upaya menilai kelincinya apakah sudah sesuai standar yang juga bermanfaat ketika ikut show sehingga memudahkan judge  (semua bagian terlihat). Mengajarkan posing kelinci Holland lop memerlukan waktu dengan kesabaran. Masing-masing breeder memiliki metode masing-masing.  Sebaiknya mengajar posing sejak kelinci HL masih berusia masih muda, misalnya dengan menyentuh bagian tertentu. Umumnya anakan kelinci HL dua bulanan mulai di ajarkan posing. Bisa dengan cara menyentuh dagu, bagain kepala, kaki, perut, bagian kaki belakang dan pinggang.  Pada posisi posing yang tepat, kaki belakang sejalan atau segaris dengan pinggul dan kaki depan segaris dengan posisi mata sehingga kaki belakang segaris dengan kaki depan. Kelinci tidak nampak membungkuk atau terlalu maju. Kelinci Holland Lop pada posing yang tepat ( tidak overposed atau underposed), jika dilihat dari depan maka kaki belakang tidak bersentuhan dengan kaki depan. Pada gambar kelinci HL yang sedang belajar posing yang masih underposed.
kelinci posing

RIPONTI RABBITRY

Jual Kelinci :: Jual Pakan Kelinci :: Dll
08159985216

Tidak ada komentar:

Posting Komentar