CARA BERTERNAK KELINCI


  1. Jika kita ingin memelihara atau beternak kelinci mulai dari anakan maka sebiknya kandang yang kita sediakan adalah kandang baterani yang diberi litter.
  2. Namun jika kita langsung membeli indukan atau kelinci dewasa, maka cukup dibangun kandang baterai saja.
  3. Ukuran box baterai kandang leinci yang bisa digunakan untuk semua jenis kelinci 70 x 50 x 60 cm. (panjang x lebar x tinggi). Dan ini bisa memuat 5 ekor kelinci penggemukan. Namun jika kita ingin megembang biakkan maka dalam satu box kandang cukup diisi dengan sepasang kelinci saja.
  4. Siapkan pakan atau makanan kelinci. Jika ingin praktis cukup membeli pelet makanan kelinci dan ditambahkan dengan sedikit hijauan makanan ternak yang cocok untuk kelinci. Adapun beberapa hijauan yang cocok untuk makanan kelinci; leguminoseae (daun kacang-kacangan), sayuran (kangkung dan wortel), rumput unggul yang masih muda, daun ubi (baik umbi jalar maupun ketela). selengkapnya lihat di sini.
  5. Sebaiknya dalam kandang diberi penerangan lampu listrik
  6. Obat-obatan yang harus selalu siap sedia yang paling utama adalah vitamin C dan antibiotik.
  7. Kontrol untuk kelinci dewasa cukup 2 kali sehari sekali di pagi hari dan sekali di sore hari. Kontrol dilakukan sekalian memberi makanan kelinci. Sedangakan untuk anak kelinci sebaiknya dikontrol sesering mungkin.

Senin, 02 Desember 2013

Kelinci Holland Lop Gen Yang Ideal

Ditulis dalam Uncategorized oleh perkelincian pada Januari 25, 2013
Untuk kelinci Holland Lop (HL) membawa gen dwarf (kerdil) atau dengan kode Dw atau dw, jadi baik untuk induk maupun pejantan masing masing membawa satu gen tersebut. Untuk kelinci Holland lop idealnya adalah Dwdw (kecil juga bisa digunakan untuk pertunjukan/showable). Jadi maksudnya satu besar D dan satu kecil w dari salah satu induk/pejantannya serta sedikit dw dari induk/pejantan lainnya. Namun didalam prakteknya, akan dijumpai gen kecil dwdw atau gen besar DwDw. Kedua gen tersebut tidak dikehendaki  karena untuk gen kecil dwdw biasa disebut kacang yang besar kemungkinan bayi kelinci usia tiga hari tersebut tidak akan bertahan lama. Untuk mensiasatinya dengan probabilitas yang kecil (25%) maka kedua induk atau pejantan sama-sama memiliki gen Dwdw yaitu Kelinci HL yang ideal atau yang memenuhi standard.
Holland Lop Rabbit

RIPONTI RABBITRY

08159985216
Jual Kelinci Jual Pakan Kelinci Dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar